img

6 JENIS JERAWAT YANG PALING UMUM DIALAMI BANYAK ORANG

Selama ini mungkin anda mengira jerawat hanya berupa benjolan merah di kulit yang kadang mengeluarkan nanah apabila di pencet. Akan tetapi pada kenyataannya, itu baru satu dari sekian banyaknya jenis jerawat yang ada. Bahkan anda sebenarnya pernah mengalami satu dari beberapa jenis jerawat tersebut yang berbeda-beda. Akan tetapi anda tidak menyadari bahwa anda sedang mengalami jerawat tersebut. Mengetahui macam-macam bentuk jerawat penting agar pengobatan yang anda lakukan tersebut tidak sia-sia karena salah sasaran. Jerawat pada umumnya disebabkan karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran dan terinfeksi bakteri. Meskipun begitu, jerawat juga bisa muncul karena perubahan hormon dalam tubuh manusia. Melihat faktor penyebabnya yang bermacam-macam, tidak heran jika jerawat memiliki banyak rupa yang berbeda. Jenis jerawat itu sendiri terbagi menjadi dua kelompok yaitu jerawat yang tidak menyebabkan pembengkakan dan jerawat yang menyebabkan pembengkakan pada kulit yang berwarna merah. Setiap jerawat yang dialami tentunya memiliki cara masing-masing. Kali ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai berbagai jenis jerawat yang umum dialami orang.

Inilah Berbagai Jenis Jerawat Yang Sering Muncul di Wajah

Sudah tahukah anda apa saja jenis dari jerawat tersebut? jika anda penasaran, akan lebih baik jika anda simak baik-baik ulasan kami kali ini. Karena ada beberapa jenis jerawat yang sering muncul di wajah, seperti:

1. Blackhead (komedo terbuka)

Jenis jerawat pertama adalah benjolan kecil berwarna hitam di permukaan kulit wajah, seringnya muncul di area hidung. Komedo ini muncul karena folikel rambut pada pori yang terbuka atau tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Jenis jerawat ini tampak seperti bintik-bintik hitam karena pada bagian atas pori-pori kulit tetap terbuka. Komedo ini tidak menimbulkan rasa sakit, kemerahan di kulit maupun meradang.

2. Whitehead (komedo tertutup)

Jerawat yang satu ini merupakan jenis jerawat yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori oleh minyak dan sel kulit mati. Untuk komedo tertutup ini menutup seluruh permukaan teratas pori-pori. Alhasil, tampilan dari jerawat ini akan seperti benjolan putih kecil.

3. Papula

Papula adalah jenis jerawat yang muncul di bawah permukaan kulit, bahkan bisa teraba sebagai tonjolan padat dan terasa nyeri. Kulit yang ada di sekitar tonjolan nya juga tampak bengkak kemerahan. Akan tetapi jerawat ini tidak memiliki titik nanah pada puncaknya.

4. Pustula

Pastula merupakan jenis jerawat berupa benjolan yang lebih besar dan juga lunak. Bagian dasarnya berwarna merah, sementara puncaknya berwarna putih atau kekuningan. Bahkan tampak lebih terangkat karena terisi oleh nanah.

5. Nodul

Jenis jerawat inflamasi yang terbentuk dibawah kulit dan bisa menimbulkan rasa sakit. Jerawat ini juga terlihat seperti papula, akan tetapi lebih dalam dan besar. Bahkan tidak memiliki puncak yang berwarna putih.

6. Jerawat kistik

Inilah salah satu jenis jerawat yang sering disebut dengan jerawat batu dan sangat sulit untuk dihilangkan.

Penting Tahu Jenis-Jenis Jerawat

Setiap jenis jerawat memang membutuhkan metode pengobatan dan juga perawatan yang berbeda-beda. Maka agar cara yang anda pilih bisa efektif dan tepat sasaran. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit untuk mengetahui jerawat yang anda miliki saat ini. Karena perlu anda ketahui bahwa jerawat yang tidak dirawat dengan baik maka akan meradang dan membuat siapa pun merasa kurang percaya diri. Jadi semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat dan membantu anda mendapatkan lebih banyak informasi mengenai jerawat. Rawat wajah anda dari jerawat dengan rutin mencuci muka setelah beraktivitas.

 

All Comments:

Your Comment: