img

MAKANAN YANG MENGANDUNG VITAMIN C

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi bisa menjadi cara untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap prima. Vitamin C bahkan termasuk antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas penyebab kanker, penyakit jantung dan juga penuaan dini. Tidak hanya itu saja, vitamin C ini juga bermanfaat untuk memperbaiki dan juga memelihara tulang dan juga gigi. Selain itu juga bisa membantu tubuh dalam memproduksi kolagen dan juga penyerapan zat besi. Meskipun penting untuk banyak manfaat kesehatan tubuh manusia, akan tetap tidak bisa memproduksi vitamin C mandiri. Dengan begitu tubuh harus mendapatkan asupan vitamin ini dari sumber lain. Seperti halnya dengan buah-buahan dan juga sayuran. Pada orang dewasa dalam kondisi sehat, rata-rata membutuhkan asupan vitamin C sekitar 75-90 mg untuk setiap harinya. Sedangkan anak usia 4-8 tahun membutuhkan 25 mg vitamin C per hari dan anak remaja 14-18 tahun hanya 65-75 mg per hari. Untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan vitamin C dalam tubuh setiap harinya. Terdapat sejumlah makanan sumber vitamin C yang harus anda ketahui.

Inilah Beberapa Makanan Mengandung Vitamin C Yang Dibutuhkan Tubuh

Jika anda belum tahu makanan apa saja yang mengandung Vitamin C, inilah beberapa penjelasannya untuk anda, seperti:

  • Jambu biji

Satu buah jambu biji mengandung 126 mg vitamin C dan bisa mencukupi kebutuhan harian 140%. Buah ini juga terbukti sangat kaya akan kandungan antioksidan yang berpotensi bisa mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, mengonsumsi buah jambu biji juga diyakini mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Blackcurrants

Satu setengah cangkir atau 56 gram Blackcurrants bisa mengandung 10 mg vitamin C dan sanggup memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 112%. Tidak hanya vitamin C saja, buah ini juga mengandung flavonoid antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin. Zat inilah yang membuat buah ini berwarna hitam.

  • Kiwi

Satu buah kiwi bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 79%. Kiwi mampu mengurangi risiko pembekuan darah dan penyakit stroke. Kadar dari vitamin C dalam darah menjadi normal setelah satu minggu.

  • Lemon

Satu buah lemon mentah termasuk juga dengan kulitnya dapat menyediakan 83mg vitamin C dan sanggup memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh sebanyak 92%. vitamin C

  • Leci

Satu buah leci menyediakan hampir 7mg vitamin C dan sanggup memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 7,5 persen. Sementara satu cangkir buah leci bisa mencukupi kebutuhan vitamin C sebanyak 151%. Buah ini memang bisa menyediakan cukup banyak vitamin C yang bermanfaat untuk sintesis kolagen dan juga kesehatan pembuluh darah.

  • Kesemek

Inilah salah satu jenis buah berwarna orange yang menyerupai tomat, buah ini memiliki banyak sekali varietas. Satu buah kesemek ini diketahui bisa mengandung 16,5mg vitamin C.

  • Pepaya

Pepaya bisa menyediakan 87mg vitamin c atau 97% kebutuhan vitamin C harian anda. Tidak hanya meningkatkan data tahan tubuh saja. Vitamin c ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantu daya ingat dan juga memiliki efek anti inflamasi yang kuat di dalam otak.

Itulah berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin C, tentunya anda harus tahu bahwa tidak semua jenis makanan mengandung vitamin. Beberapa ulasan kami diatas semoga bisa menambah pengetahuan anda akan makanan yang mengandung vitamin C. Semoga informasi kami bermanfaat dan selamat membaca.

 

All Comments:

Your Comment: